Thursday, October 23, 2008

Menunggu...

Menunggu adalah salah satu hal yang paling menyebalkan di dunia...huaaaaa....
apalagi setelah menunggu lama kita mendapatkan berita mengecewakan tentang hal yang sedang kita tunggu.
Ceritanya nih, gw lagi ngikutin proses rekrutmen di salah satu perusahaan besar di Indonesia. Proses rekrutmen ini tergolong amat sangat panjang karena prosesnya terdiri dari 7 (TUJUH) tahap. Can you imagine that!!??!! Hahahaha...Pasti males banget kan ngebayanginnya...hehehe..
Sekarang gw udah ada di tahap ke 5, yaitu wawancara user. Di tahap ini kita di pertemukan dengan beberapa orang HRD dan user kita nantinya kalo diterima kerja di perusahaan ini. Nah, setelah mengetahui kita lolos ke tahap ini melalui website, kita akan dihubungi melalui telepon untuk memberitahukan jadwal wawancara kita.
Pada saat itu gw udah mulai mengalami yang namanya MENUNGGU. Gw kan sempet contact ama temen-temen lain yang juga ikutan test ini, dan beberapa dari mereka udah di hubungi. Itu yang bikin gw panik, bertanya-tanya "Kok gw gak ditelpon-telpon ya?". Sekitar 3 hari setelah pengumuman barulah gw dihubungi via telpon. Gw diberitahu untuk hadir wawancara pada tanggal 23 Oktober 2008 jam 08.00 pagi di gedung management perusahaan tersebut.
Jadi dengan bermodal kepercayaan diri, datanglah gw pada hari tersebut dengan sangat bersemangat. Gw sampai di gedung itu jamg 06.40 (Hahahaha...pagi banget!) Ini sih karena pertimbangan takut macet dan sebagainya lah, bukan karena gw sangat bersemanagat loh...hehehe...
Sesampainya disana penantian gw pun dimulai...
Setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya ada seorang petugas yang datang menghampiri kita. Memberikan beberapa form yang harus kami isi. Gw dan teman-teman seperjuangan gw sampe bertanya-tanya, "apa mereka gak nyimpen data kita ya? sampe kita harus ngisi data diri berkali-kali gini...". Tapi kami gak bisa berbuat apa-apa selain ngisi tu form.
Penantian pun berlanjut. Selesai mengisi form, kami diinstruksikan untuk menuju ke lantai 3, tempat ruang wawncara berada. Setelah menuggu beberapa lama, kami di beri daftar absen. Di list itu nama gw ada di urutan 12 dari 14 orang...HUaaaaa...udah bete aja gw, pasti lama banget tuh nunggu nya...
Saat menunggu giliran wawancara, gw sempet kenalan ama peserta test yang lain. Ternyata yang wawancara hari ini semua dari Ekonomi, ada yang akuntansi, ada yang manajemen. Kita semua dari uni yang berbeda-beda. Jadi obrolan pun jadi beragam.
Di sela-sela waktu kami menunggu, datang lah sebuah kabar dari seorang rekan yang sudah selesai di wawancara. Dia mengabarkan bahwa kami semua yang diwawancara di minggu kedua ini sudah pasti tidak diterima sebagai MT (Management Trainee), Ugh...Sebel gak sih dengernya...kita semua hanya ditawari jabatan Fungsional, which is Staff Biasa. Hahaha...that was the phrase of the day. Semuanya jadi kehilangan semangat dan mulai bete. Tapi untungnya ada salah satu dari kami yang mulai bikin joke-joke tentang kenyataan kami gak akan jadi MT, ini bikin suasana jadi cair kembali. Semua jadi tampak lebih fresh lagi. Setelah ngobrol ngalor ngidul lagi, gak terasa waktu udah menunjukkan pukul 12.00 siang. Salah satu pewawancara mengabarkan kalo kami akan istirahat dan akan dimulai lagi pukul 12.30. Jadilah kami pergi untuk istirahat, sholat dan makan siang. Setelah sholat, ternyata udah jam 12.20, jadilah gak sempet makan siang. Akhirnya kita langsung ke atas lagi. Untungnya tadi sempet dibagikan snack, jadi lumayan ada ganjel..hehehe...
Lalu, penantian pun berlanjut. Ternyata wawancara baru dimulai lagi pukul 13.00...ngaret setengah jam, sangat Indonesia lah yaa...
Tiap orang yang keluar dari ruangan pasti langsung kami serbu dengan pertanyaan-pertanyaan "ditanyain apa aja tadi" "ditawarin ke bagian apa" "Loe jawabnya gimana?" yaaa something like that...
Akhirnya sampai juga giliran gw, jam udah menunjukkan pukul 15.00...hahaha...udah keburu lecek banget gw...
Di dalam ruangan, gw ditanya soal interest gw di bagian mana, trus pengetahuan gw tentang interest gw itu. Mostly, gw bisa jawab, walaupun ada beberapa yang agak terbata-bata.

So, in conclusion gw telah menunggu selama sekitar 8 jam untuk sebuah wawancara yang hanya berlangsung sekitar 20 menit. Hahahaha....

I hope it all worth it, and I'll be accepted in this company...Hopefully....

3 comments:

TiQi Bo said...

phew... this is exactly the point why I don't like 'kerjaan baik2',,,, hehe... I never got these kind of experience... Well, everyone has got their own pathway of life, don't they Za? cheer up! ^^


*get out there, have fun, and fun might bring you to useful things, Za!*

Aziza Iskandar said...

yeah, everyone has got their own patway of life...maybe this is the pathway that i have to pass through...
just wish me luck sis..

Aziza Iskandar said...

tik, it's obvious now that we are destined to become one of them THE PNS. Enjoy it, mate, coz, we may go back to Rainbow St. Public School meeting Mrs. Gough... hahahaha... LOL